Succubus & Incubus

Hidupmu di sini hanya ziarah” – Guillaume Digulleville

Abad pertengahan merupakan masa yang kurang beruntung bagi kaum wanita, ketika itu mereka diasosiasikan dengan penggoda iman manusia. Pada suatu sandiwara abad ke-12 yang berisi ajaran moral, ditampilkan seorang Hawa sedang membujuk suaminya dengan mendesak,” Adam, makanlah segera buah ini, agar engkau lebih bahagia. ” Penggoda2 ini kemudian mengambil tempat dalam legenda2.

Salah satu legenda yang terkenal adalah siluman wanita yang disebut Succubus, yaitu setan yang mengambil bentuk wanita cantik untuk merayu laki-laki (terutama pendeta) dalam mimpi untuk melakukan hubungan sexual. Mereka mengambil energi dari laki-laki untuk bertahan, sampai titik kelelahan atau kematian korban. Doa-doa pemuda saat itu biasanya menyertakan harapan agar Tuhan melindungi mereka dari godaan Succubus.

Tetapi tidak hanya itu, ada juga setan-setan yang menyamar dalam rupa pria, yang akan berbaring di samping wanita2, dengan tujuan berhubungan seks dengan mereka. Berdeda dengan succubus, tujuan mereka adalah mendapatkan anak dari hasil hubungan seks tersebut. Dalam beberapa tradisi, ciri-ciri dari Incubus ini adalah penis yang terasa dingin. Dalam tradisi agama saat itu, hubungan yang terus menerus dengan incubus atau succubus dapat berakibat pada kematian.

Dalam kitab Malleus Maleficarum, yang diterbitkan tahun 1487 dn berisikan panduan2 mengenai pembasmian penyihir, dijelaskan bahwa succubus berperan mengumpulkan sperma dari kaum pria dan akan memberikannya kepada incubus yang akan memasukannya dalam wanita yang ditiduri, sehingga menghasilkan anak yang memiliki sifat setan.

Di Indonesia, fenomena ini mungkin muncul dalam kisah “kolor ijo” yang terbukti hanya merupakan khayalan ibu-ibu kesepian yang tengah mencari sensasi.

Akhir kata, mari kita sama2 berdoa agar terhindar dar godaan succubus dan incubus… amien…

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s