Cathar

THE CATHARS

Fakta ini tidak dimuat dalam buku-buku sejarah SMP dan SMU saat ini. Suatu noda hitam besar dalam sejarah Eropa selain holocaust Nazi dan revolusi Bolshevik, Yaitu pembantaian kaum Cathar. Kaum dikenal juga sebagai kaum Albigensian, sehingga perang suci yang nantinya akan dilakukan terhadap mereka dikenal sebagai perang salib Albigensian. Mereka adalah kaum Kristen yang terpengaruh  ajaran gnostik awal abad kedua dan ketiga. Menurut mereka, Yesus bukanlah Tuhan, melainkan malaikat yang mengambil wujud manusia dalam mengemban misi untuk melawan Tuhan kejahatan, Yesus diyakini tidak pernah mati di tiang salib. Mereka mencoba menjalankan kehidupan murni yang asketis dan cinta damai. Bahkan penduduk (Katolik) Prancis selatan saat itu merasa kagum dengan perilaku mereka, sehingga otoritas Gereja Katolik merasa cemburu dan tersaingi.

Otoritas Gereja tidak menyukai gerakan Cathar ini, dan untuk membunuh “kanker” ini sebelum menyebar, dipilihlah opsi “Pedang” ! Pada tanggal 17 November 1207, Paus Innocent III menyurati raja Phillip Augustus (Penguasa Prancis) yang isinya permintaan bantuan untuk menghabisi kaum Cathar tersebut. Kali ini dua kekuatan raksasa, kepausan dan Raja bersatu untuk menghabisi kaum pecinta damai yang tak bersenjata ini. Untungnya penguasa lokal Prancis selatan (Pangeran Raymund VI dan  Roger) beserta penduduk Katolik di sana tidak mau begitu saja mendukung perintah Paus tersebut.

Dimulailah teror tersebut, pasukan Paus (Inquisitor) dipimpin oleh Arnauld-Amalric menyerang kota Cathar Beziers dan membantai seluruh penduduknya. Ketika seorang pasukannya bertanya bagaimana cara membedakan sesama orang Katolik dengan Cathar, Amalric menjawab,”Bunuh saja semuanya, Tuhan akan tahu dengan sendirinya…”. Pembantaian ini kemudian dipimpin Simon de Montfort. Seseorang yang namanya masih meninggalkan kejijikan dan kebencian bahkan hingga saat ini di beberapa daerah Perancis Selatan. Diperkirakan 100.000 orang tewas dalam pembantaian ini. Suatu pembantaian yang dihasilkan oleh kecemburuan Paus… Pada tahun 1244, pertahanan terakhir kaum Cathar di Montseguer hancur. Hilanglah kaum Cathar dari sejarah…

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s