Secret Garden

Seperti halnya Deep Forest, Group Secret Garden terdiri dari dua orang, pasangan Rolf Lovland dengan Fionnuala Sherry. Rolf lahir di Kristiansand, selatan Norwegia. Sejak kecil, bakat musiknya sudah mulai terlihat, ia kemudian mengambil jurusan musik hingga mendapat gelar master dari Norwegian Institute of Music di Oslo.

Sebelum mendirikan Secret Garden,  Rolf telah berkali-kali mendapat penghargaan musik di Norwegia. Sekitar 60 hits telah ia tempatkan di jajaran musik nasional. Ia juga dua kali menjuarai final Eurovision Song Contest, yaitu di tahun 1985 “La Det Swinge” dan tahun 1995 melalui hits Secret Garden “Nocturne”.

Pendirian “secret garden” memberikan keluasaan yang besar bagi Rolf untuk berkreasi dalam menciptakan musik, serta mendapatkan perhatian luar biasa dari penggemar musik se-dunia. Dalam group ini, Rolf berperan sebagai produser dan pemain piano/keyboard.

Fionnuala Sherry besar dan bersekolah di daerah Naas, Kildare. Sejak umur delapan tahun ia telah belajar memainkan biola, dan di umur 15 ia melanjutkan ke Dublin untuk mempelajari musik. Setelah lulus, ia menjadi anggota  RTE Concert Orchestra selama sepuluh tahun.

Prestasi terbesarnya adalah saat berhasil memenangkan ajang Eurovision tahun 1995 dengan “Nocturne”, sebuah karya yang sangat membuai bagi orang yang bahkan baru pertama kali mendengar sekalipun. Bagi tembang yang lebih kental nuansa instrumentalnya ini, memenangkan suatu ajang kontes lagu Eropa merupakan suatu gebrakan besar.

Kesuksesan di Eurovision merangsang mereka untuk menghasilkan album pertama Secret Garden “Song from a Secret Garden”. Ini juga merupakan suatu tonggak sejarah dimana musisi Norwegia berhasil menembus pasar musik dunia. Penghargaan-penghargaan berhasil mereka rain, termasuk Platinum di Norwegia dan Korea, Emas di Irlandia, Hong Kong, Korea dan Selandia baru. Serta mendiami peringkat Billboard New Age charts di Amerika selama 2 tahun.

Kecelakaan yang hampir menamatkan karir SG terjadi saat fionnuala terjatuh dari tangga dan mengalami patah tulang di bahunya. Ini adalah suatu kiamat bagi pemain biola, namun berkat semangat yang tinggi, dan terapi pengobatan yang canggih, ia dapat normal kembali. Selanjutnya SG pun mereka album kedua mereka “White Stones”.

White Stones mendapat antusiasme yang tidak kalah dari album pertama. Ia turut meempati Billboard selama dua tahun. Tema album ini masih tidak berubah dari album pertama, kecuali komposisi musikya lebih disesuaikan dengan konsep pertunjukan langsung.

Tahun 1998, SG mendapat permintaan khusus dari Barbra Streisand untuk bisa menyanyikan lagu “Heartstrings” dalam pernikahannya. Barbra juga kemudian menjadikan lagu ini sebagai hitsnya. Setahun kemudian, SG eluncurkan album ketiga “Dawn of a New Century” serta sebuah konser yang diadakan di Lillehammer, Norwegia berjudul “A Night with Secret Garden”. Konser ini juga tersedia dalam bentuk DVD.

Dalam album ketiga ini, terlihat peningkatan kreasi SG, terdapat 3 nomor vokal dalam album ini, dua lagu diperankan oleh Fionnuala, dan tembang “Prayer” oleh Karen Matheson. Tembang penutup album ini, “Dawn of A New Century” seakan-akan menjadi lagu yang menyajikan energi bagi penyambutan millenium baru. Lagu ini dipertunjukkan dalam pemberian anugrah nobel tahun 2000, dan disiarkan ke seluruh dunia. Di tahun ini pula rangkaian konser di seluruh dunia dilakukan oleh Secret Garden.

Tahun 2001 SC menulis dan meluncurkan album ‘Once in a Red Moon”. Di album inilah tembang “you Raise me Up” diperkenalkan oleh Secret Garden melalui vokal Brian Kennedy. Banyak yang tidak tahu bahwa lagu ini pertama kali pebawakan oleh Secret Garden karena popularitas lagu ini sangat mencuat saat dibawakan oleh Josh Groban.  “You Raise me Up” telah direkam lebih dari 40 versi oleh berbagai artis, mulai dari bangsa Spanyol, Italia hingga Persia.

Pada tahun 2005 mereka mengeluarkan album “Earthsongs” dengan nuansa yang hampir sama dengan album sebelumnya. Dan pada 2008, untuk memberikan sedikit variasi pada karya2nya, Secret Garden meluncurkan album “Inside I’m singing” yang berisikan total lagu-lagu gubahan Secret Garden. Hmmm,,, anda harus mencoba track “Thank You” liriknya sangat mantap.

Diskografi & Download link :

Songs From a Secret Garden (1996)
White Stones (1997)
Dawn of a New Century (1999)
Dreamcatcher (album) (2001)
Once in a Red Moon (2002)
Dreamcatcher: Best of (2004, Australia)
Earthsongs (2005)
Inside I’m Singing (2007)

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s