Deep Forest

Deep Forest merupakan proyek duo musisi Michel Sanchez dan Eric Mouquet dari Prancis. Ya, jarang sekali ada musisi/group New Age dari Prancis, dan sekalinya ada, group ini mampu membuktikan keunggulan kreasinya di dunia musik. Sebenarnya aliran musik mereka dapat disebut sebagai etnik elektronik, yaitu aliran yang menggabungkan nuansa etnik dengan suara elektronik (beat atau chillout), namun apa bedanya dengan musik New Age pada umumnya ?Album-album yang mereka keluarkan selalu berbuah kesuksesan. Tahun 1993 mereka berhasil memenangkan Grammy untuk penghargaan “Best world Music” dari album “Deep Forest”. Tahun 1996 mereka kembali memasuki nominasi Grammy lewat album “Boheme”. Mereka juga menjadi group musik New Age tersukses tahun 1995 dengan mencetak hampir 10 juta kopi.

Eksperimen New Age dimulai ketika Michel Sanchez memiliki ide untuk menggabungkan chant suku Baka Pygmi dengan musik modern. Dibantu dengan Eric Mouquet, mereka pun menciptakan proyek Deep Forest ini. Sebenarnya ide penggabungan etnik dan modern ini tidak orisinil karena Enigma sudah terlebih dahulu memproduksinya, tapi tetap saja, Deep Forest membuktikan bahwa musik yang dihasilkannya memiliki senyawa yang berbeda dari Enigma. Dalam Deep Forest, nuansa etnik ini begitu kental, bagai membawa anda menuju (seperti nama group mereka) hutan dalam. Menemui lingkungan yang sama sekali baru dan asing, suku-suku eksotis, dan kemegahan alam. Melalui salah satu hitsnya “Sweet Lulaby” yang mereka adopsi dari lagu tradisional kepualauan Solomon,  mereka berhasil memasuki peta permusikan dunia (UK Top Ten).

Di album kedua “Boheme” (salah satu favorit saya), Eric dan Michel kembali bereksperimen kali ini dengan menjelajah keunikan Eropa timur, mengambil sampel-sampel musik dari bangsa Hungaria dan kaum Gypsi, dengan nuansa sendu yang memukau. Untuk pembuatan album ini, Deep Forest hingga harus mengimpor penyanyi Marta Sebestyen dan Katalin Szvorak ke studionya di Prancis. Album ini terjual satu juta kopi, nampaknya anda patut memiliki album ini.

Album ketiga, “Comparsa” kembali menuai kejutan baru, kali ini Deep Forest mengambil nuansa yang lebih meriah dari album sebelumnya, dengan menggunakan chant-chant berbahasa spanyol khas amerika latin. Dalam pembuatan album  ini, Michel dan Eric hingga harus mereka musik-musik jalanan di Kuba dan menemui musisi-musisi di Madagaskar. Mereka juga memperkenalkan duet penyanyi Syria dan Spanyol, Abed Azrei dan Ana Torroja. Setelah ini mereka mengadakan pertunjukan live di Jepang dan menghasilkan album “made in Japan”.

Di tahun 2000, mereka kembali menelurkan album “Pacifique” yang kental akan nuansa pasifik dan kepualauan Haiti dan tentunya dibumbui oleh musik elektronik. Proyek ini sebenarnya lebih ditujukan untuk pembuatan soudtrack bagi film Prince du la Pacifique yang disutradarai oleh  Alain Corneau. Album terakhir ini kurang mendapat perhatian, namun Deep forest kemudia membuktikan keunggulan mereka lagi melalui peluncuran album mereka yang kelima bertitel “Music Detected”, yang lebih bernuansa oriental, salah satu yang dilibatkan dalam album ini adalah, yang tentunya kita kenal, Anggun C Sasmi dalam lagu “Deep Blue Sea”. Dalam album ini, terlihat pergantian gaya musik Deep Forest, dari tadinya yang lebih bernuansa “trance” menjadi lebih “rock”. Di album inilah suara gitar listrik dan hentakan drum mulai diperdengarkan oleh Deep Forest, contohnya pada tembang “India”.

“Nikmati Deep Forest, masuklah ke dunia Deep Forest, menari dan menangislah bersama Deep Forest”

Diskografi dan Download link :

* 1992 – Deep Forest (3 juta kopi terjual)
* 1994 – World Mix (re-release dari album 1992)
* 1995 – Boheme (4 Juta album terjual)
* 1998 – Comparsa (Lebih dari 1 juta terjual)
* 1999 – Made in Japan (live album) (150 000 kopi terjual)
* 2000 – Pacifique
* 2002 – Music Detected
* 2002 – “Malo Korrigan” theme song
* 2004 – Essence of the Forest
* 2004 – Kusa No Ran (hanya terbit di Jepang) – pass :  mt1123
* 2008 – Deep Brasil

undefined

mtl123

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s